SELAMAT DATANG DI BLOG TABLOID KULINER NUSANTARA

Labels

Home » » Resep ayam goreng tepung

Resep ayam goreng tepung

Resep ayam goreng tepung renyah dan gurih akan menjadi salah satu artikel yang hadir pada kesempatan kali ini. Mungkin banyak dari Anda yang menjadikan ayam goreng tepung ini menjadi salah satu menu favorit untuk bersantap. Selain rasanya yang gurih dan lezat, ayam goreng tepung ini dijamin tidak membuat Anda kehilangan selera karena penampilannya pun terlihat sangat menggugah dan tidak monoton, berbeda dengan ayam goreng pada umumnya.
Selain menjadi santapan siang yang sehat dan mengeyangkan, ayam goreng tepung ini juga cocok untuk dijadikan santapan sarapan pagi keluarga yang dihidangkan bersama nasi putih. Ayam goreng tepung merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan protein, kalsium dan juga karbohidrat yang penting untuk tubuh yang diubah menjadi tenaga. Jadi ayam goreng ini cocok untuk dihidangkan diberbagai kesempatan.
Pengolahan ayam goreng tepung memang memiliki perbedaan dengan ayam goreng pada umumnya karena proses pembuatan ayam goreng ini memakai tepung terigu dan juga tepung panir atau yang biasa disebut sebagai tepung roti. Selain tepung, bahan lain yang juga digunakan adalah telur yang berfungsi sebagai bahan untuk merekatkan tepung roti ke potongan-potongan ayam. Untuk mendapatkan hasil ayam goreng yang lebih lunak dan empuk, maka sebelum digoreng sebaiknya ayam direbus dahulu. Untuk lebih jelasnya bahan-bahan apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum membuat ayam goreng tepung ini, maka berikut ini adalah penjelasannya:
Resep ayam goreng tepung renyah dan gurih

Bahan-bahan utama resep ayam goreng tepung yang renyah:
1 ekor ayam, cuci bersih potong menjadi 6-8 bagian dan buang lemaknya
3 butir putih telur, tuang dalam mangkuk dan dikocok
1 kilogram minyak goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
2 siung bawang putih
2 gram buah pala halus
1 cm jahe

Bumbu pelapis:
75 gram tepung terigu (tepung roti dan tepung terigu bisa juga digantikan dengan tepung ayam goreng instan)
25 gram tepung panir atau tepung roti
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara pembuatan:
- Pertama-tama masukkan ayam dengan menggunakan panci dan rebus hingga setengah matang bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Angkat, tiriskan kemudian masukkan kedalam wadah atau baskom.
- Tahap selanjutnya mencelupkan satu persatu potongan-potongan kedalam putih telur. Celup dan angkat kemudian campurkan bersama dengan tepung terigu kering. Lakukan hingga 2 atau 3 kali hingga pada celupan yang terakhir dilapisi dengan tepung panir.
- Goreng potongan-potongan ayam yang telah dilapisi tadi dengan tepung hingga matang dan berwarna kecoklatan.
- Angkat dan kemudian sajikan dengan piring.
Tips yang perlu diperhatikan dalam membuat ayam goreng tepung panir:
- Metode diatas merupakan metode yang dilakukan dengan cara perebusan terlebih dahulu sebelum digoreng untuk mendapatkan ayam yang lebih empuk. Jika Anda menginginkan metode yang berbeda, Anda juga bisa langsung mencelupkan potongan-potongan ayam kedalam cairan putih telur.
- Untuk menghilangkan aroma amis pada ayam, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis yang di kucurkan pada potongan-potongan ayam kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.
- Tips menggoreng ayam untuk menghasilkan ayam yang renyah adalah dengan menggunakan banyak minyak. Dan Anda baru boleh menggoreng potongan-potongan ayam tersebut jika keadaan minyak goreng sudah benar-benar dalam suhu yang panas.
- Untuk mendapatkan hasil ayam yang renyah dan tidak mudah lembek setelah digoreng, tiriskan ayam dari minyak goreng hingga benar-benar kering.
Selain mencoba resep ayam goreng tepung renyah ini, Anda juga bisa sambil belajar untuk membuat makanan lain yang juga dibuat dengan cara digoreng, yaitu resep bakwan jagung manis yang juga tak kalah lezatnya untuk dicoba.

2 komentar:

  1. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyaediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus