SELAMAT DATANG DI BLOG TABLOID KULINER NUSANTARA

Labels

Home » » Resep capcay kuah jamur spesial.

Resep capcay kuah jamur spesial.

Resep capcay kuah jamur spesial. Capcay atau yang biasa dikenal Capcai adalah merupakan salah satu masakan asal negeri China yang telah begitu sangat dikenal di Indonesia. Kepopuleran capcay ini tentu tidaklah lepas dari cara membuatnya yang begitu mudah dan praktis. Dengan hanya menumis yang cuma memakan waktu sebentar saja, masakan capcay sudah bisa langsung disajikan dan disantap.
Capcay merupakan salah satu kuliner manca negara khas China yang berasal dari kata zacai atau chap-chhai (bahasa Hokkian) yang memiliki arti berupa campuran sayur-sayuran. Dengan bahan-bahannya yang sebagian besar dari sayur mayur, tentu saja menjadikan capcay menjadi salah satu masakan yang sangat sehat, penuh gizi sekaligus praktis.
Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini tabloid kuliner akan memberikan sedikit tips resep capcay kuah jamur dan cara membuatnya yang bisa dipraktekkan sendiri oleh Anda saat berada di rumah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat capcay bersifat opsional atau tergantung selera, misalnya jika Anda kurang begitu menyukai jamur, maka Anda tidak perlu memasukkan jamur dan menggantinya dengan sayuran jenis lain.
Resep capcay kuah jamur spesial Mandarin - www.tabloidkuliner.com
Capcay kuah jamur
Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat capcay adalah sebagai berikut:  
2 buah kembang kol atau brokoli
75 gram jamur kancing
150 gram sawi hijau/putih atau keduanya
6 buah jagung muda (baby corn)
2 buah wortel
1/4 buah kubis atau kol
100 gram irisan daging ayam
5 buah udang yang berukuran sedang
5 buah bakso yang di iris-iris
1/4 butir bawang bombay, iris tipis
1 batang daun bawang yang di iris dengan ukuran 3 cm
1 siung bawang putih yang di peprek (dimemarkan)
1 buah tomat yang dipotong-potong
1 bungkus bumbu penyedap rasa kaldu ayam
1 sendok teh lada atau merica
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh tepung maizena
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara membuat capcay kuah jamur spesial:
  • Pertama-tama semua sayuran dibersihkan sampai benar-benar bersih. Pisahkan sayur yang sulit layu dengan sayur yang cepat layu kemudian potong-potong dengan ukuran sesuai selera Anda. Sedikit tips dalam membersihkan sayur adalah dengan menggunakan sedikit garam yang dilarutkan dalam air agar sayuran benar-benar bersih dan steril, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Panaskan wajan dengan api sedang kemudian masukkan minyak goreng. Setelah minyak panas lalu masukkan irisan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat hingga harum. Setelah tumisan tampak kecoklatan kemudian tambahkan air sebanyak 200cc (1 gelas) kemudian masukkan sayuran yang sulit layu (kembang kol, jamur, wortel dan jagung muda) hingga menjadi setengah matang.
  • Kemudian masukkan sayuran yang mudah layu, bakso, irisan ayam dan udang hingga matang.
  • Masukkan merica, gula pasir dan bumbu penyedap rasa kaldu ayam dan tepung maizena kemudian aduk-aduk dengan cepat sampai kuah mengental. Angkat dan sajikan.
Itulah sedikit tips dan resep capcay kuah jamur dari tabloid kuliner Nusantara yang bisa Anda coba sendiri saat dirumah. Bagaimana? Mudah bukan dalam membuatnya?. Bagi Anda yang memiliki hobi dalam membuat kue, jangan lupa untuk menyimak resep martabak manis khas Bangka pada posting sebelumnya. Selamat mencoba.

1 komentar:


  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus