SELAMAT DATANG DI BLOG TABLOID KULINER NUSANTARA

Labels

Home » » Resep pepes ikan kembung

Resep pepes ikan kembung

Resep pepes ikan kembung merupakan salah satu resep favorit tanah air yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang gurih serta tata cara memasaknya yang unik dan dianggap tak biasa. Selain pepes tahu, pepes ikan mas dan ikan bandeng, pepes ikan kembung merupakan salah satu masakan yang paling banyak digemari. Hal tersebut dikarenakan tekstur ikan kembung yang legit dan memiliki rasa yang gurih.
Cara pengolahan pepes ikan memang cukup unik karena ikan dibungkus dalam balutan daun pisang batu dan kemudian dimasukkan kedalam panggangan atau oven. Pada jaman dahulu sekitar tahun 80-90an, proses pembuatan pepes ikan masih dilakukan secara tradisional, yaitu dengan menggunakan sebilah genteng (bahan atap rumah) berbahan dasar tanah liat yang diletakkan diatas kompor atau api yang menyala dengan pepes diatasnya yang kemudian dipanggang hingga daun pisang berwarna coklat kehitaman. Akan tetapi pada saat ini metode pembuatan pepes dapat dilakukan dengan cepat dan mudah berkat bantuan microwave.
Pepes ikan kembung merupakan masakan yang sehat dan cocok bagi Anda karena ikan kembung rendah akan kolesterol, kaya asam folat, protein serta omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Bagi Anda yang gemar dengan masakan yang satu ini, maka tabloid kuliner Nusantara akan memberikan panduan serta resep pepes ikan kembung yang bisa Anda buat sendiri dirumah. Namun sebelum membuatnya, ada beberapa bahan-bahan serta bumbu yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah:
Resep pepes ikan kembung pedas gurih
Bahan-bahan utama pepes ikan kembung pedas gurih:
4 ekor ikan kembung yang sudah dicuci dan dibersihkan insang dan perutnya
2 tangkai daun bawang yang di iris tipis-tipis
Seikat daun kemangi
5 lembar daun salam
2 tangkai daun sereh di ikat simpul
1 helai daun pisang batu untuk membungkus
10 buah cabai rawit merah
Potongan lidi untuk menyemat daun pisang

Bumbu yang dihaluskan:
5 butir kemiri
1 cm lengkuas
2 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 bungkus penyedap rasa
1 ruas jari kunyit

Cara pembuatan:
- Bumbu yang sudah dihaluskan dicampur dengan bahan-bahan utama yang tertera diatas.
- Aduk-aduk bumbu dan lumuri ikan secara merata pada bagian luar serta bagian dalamnya.
- Bungkus sebanyak 2 sampai 3 lapis daun pisang untuk memastikan bumbu tidak bocor keluar kemudian jepit dengan menggunakan potongan-potongan lidi yang sudah disiapkan.
- Panaskan oven atau microwave dan atur suhu hingga kurang lebih 200 derajat celcius.
- Masukan ikan yang sudah dibungkus tersebut kedalamnya dan biarkan selama kurang lebih 10 menit atau hingga daun pembungkus berwarna kecoklatan.
- Angkat dan sajikan diatas piring.

Tips mencuci ikan kembung agar tidak bau lumpur:
- Bersihkan dan keluarkan bagian perut serta kedua insangnya dengan menggunakan air bersih.
- Masukkan ikan kembung kedalam wadah seperti baskom dan berikan perasan air jeruk nipis secara merata kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit.
Demikianlah resep dan cara pembuatan pepes ikan kembung pedas gurih yang bisa Anda coba sendiri saat dirumah. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya pun tidak membutuhkan keterampilan khusus. Selain resep ini, Anda juga bisa mempraktekkan salah satu resep yang juga cukup mudah untuk dibuat yaitu resep nasi goreng spesial pada sesi sebelumnya. Selamat mencoba.

1 komentar:


  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus